Selasa, 13 September 2011

Karma

Karma bukanlah soal penghukuman, melainkan adalah soal peningkatan kesadaran kita. Apa yg kita alami, suka ataupun duka, adalah apa yg Tuhan kehendaki sebagai sesuatu yg perlu kita alami untuk mencapai peningkatan. Bagi org yg berada pada level pemahaman/keinsafan yg lbh rendah, karma tersaji sebagai aksi/reaksi. Namun ketika mereka mengerti kenyataan dimana Tuhan juga mengajarkan bhw Dia mengendalikan segala sesuatu dan semua makhluk sepenuhnya, dan telah mulai menginsafi ajaran tersebut, maka karma terungkap sebagai sesuatu yg berbeda, yakni bahwa karma tersebut bukan berlandaskan pada aksi/reaksi, melainkan berlandaskan pada apa yg dikehendaki Tuhan sebagai sesuatu yg perlu kita alami untuk mencapai peningkatan menuju level2 kesadaran yg lebih tinggi...


Ayat-ayat Bhagavad-gita dimana Sri Krishna mengajarkan tt bgmn Dia mengendalikan segala sesuatu dan semua makhluk sepenuhnya:


Sang roh yang dibingungkan oleh pengaruh keakuan palsu menganggap dirinya pelaku kegiatan yang sebenarnya dilakukan oleh tiga sifat alam material. (Bg. 3.27)

Alam material ini, salah satu di antara tenaga-tenaga-Ku, bekerja di bawah perintah-Ku, dan menghasilkan semua makhluk baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak, wahai putera Kunti. Di bawah hukum-hukum alam material, manifestasi ini diciptakan dan dilebur berulangkali. (Bg. 9.10)

Orang yang dapat melihat bahwa segala kegiatan dilaksanakan oleh badan, yang diciptakan oleh alam material, dan melihat bahwa sang diri tidak melakukan apa pun, melihat dengan sebenarnya. (Bg. 13.30)

Akibat khayalan, engkau sekarang menolak bertindak menurut perintah-Ku. Tetapi didorong oleh pekerjaan yang dilahirkan dari sifatmu sendiri, engkau akan bertindak juga, wahai putera Kunti. (Bg. 18.60)

Tuhan Yang Maha Esa bersemayam di dalam hati semua orang, wahai Arjuna, dan Beliau mengarahkan pengembaraan semua makhluk hidup, yang duduk seolah-olah pada sebuah mesin terbuat dari tenaga material. (18.61) 

2 komentar:

  1. Tulisan yang bagus dan dengan referensi ayat yang lengkap.

    BalasHapus
  2. Terimakasih sudah mampir dan juga atas komentarnya... :-)

    BalasHapus